ZAHARA, AULIA JIHAN (2025) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTsN 3 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
AULIA JIHAN ZAHARA_compressed.pdf
Download (2MB)
Abstract
Jihan Zahara, Aulia. 2025. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keaktifan
dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs
Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama
Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar
Ponorogo, Pembimbing: Dr. A’ang Yusril Musyafa, S.E.I, M.M.
Kata Kunci : Project Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar, Mata Pelajaran
Fiqih
Abstrak
Era pembelajaran yang semakin aktif menuntut guru agar dapat memilih
model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, terutama dalam
mata pelajaran Fiqih dimana materi ini kebanyakan diajarkan melalui metode yang
monoton sehingga siswa bosan dan berpengaruh pada keterlibatan siswa dalam
kelas. Kurangnya keterlibatan siswa di kelas berdampak pada hasil belajar siswa,
maka dalam menangani permasalahan ini guru memilih model pembelajaran
Project Based Learning sebagai sarana untuk meningkatkan dan memperbaiki
keaktifan dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method dengan desain
penelitian Sequential Explanatory yakni dengan pengumpulan dan analisis data
kuantitatif, diikuti oleh pengumpulan dan analisis data kualitatif. Data kualitatif
digunakan untuk menjelaskan atau memperdalam hasil dari data kuantitatif. Subjek
pada penelitian ini adalah sebagian kelas VII di MTs Negeri 3 Ponorogo, sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 114 responden.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Model pembelajaran Project
Based Learning tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keaktifan siswa
pada mata pelajaran Fiqih, 2) Model pembelajaran Project Based Learning
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Fiqih, 3) Penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran Fiqih dalam
meningkatkan keaktifan siswa dilaksanakan melalui pembagian kelompok siswa
menjadi kelompok kecil sehingga melatih keterlibatan siswa, 4) Penerapan Project
Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemberian
pertanyaan siswa secara berulang-ulang yang dapat menguatkan memori siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:33 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 08:33 |
| URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/149 |
