IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2023-2024

AWALIA, ZULFA AYU (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Zulfa Ayu Awalia.pdf] Text
Zulfa Ayu Awalia.pdf

Download (866kB)

Abstract

Ayu Awalia, Zulfa. (2020620101023), Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam
Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023-2024.
Skripsi. 2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo
Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Darul Lailatul Qomariah, M. Ag.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Mutu Pembelajaran,
Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilatar belakangi adanya kebijakan Kurikulum Merdeka yang
menggantikan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran pelajaran
umum dan khususnya di pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka dan mutu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang meliputi (1) Implementasi Kurikulum
Merdekadalam meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(2) Mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (3) Dampak Kurikulum
Merdeka dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Slahung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam, siswa, dan dokumentasi sekolah
yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup triangulasi
sumber, yang memungkinkan peneliti untuk membandingkan dan mengecek
kembali data dari berbagai sumber untuk mendapatkan kebenaran hasil penelitian.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif oleh Miles dan
Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kurikulum Merdeka
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Slahung tahun ajaran 2023-2024 mencakup
aspek intrakurikuler dan ekstrakurikuler, fokus pada pembelajaran berbasis proyek.
2) Untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru
mengakomodir berbagai gaya belajar siswa, melakukan interaksi aktif, kolaborasi,
metode pembelajaran variatif, optimalisasi teknologi informasi. Memanfaatkan
sarana pembelajaran yang memadai, dan meningkatkan kompetensi diri melalui
pelatihan. 3) Dampak implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan
mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi peningkatan hasil
belajar siswa yang terlihat dari keaktifan dalam diskusi, kemampuan memecahkan
masalah, dan penilaian yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 08:55
Last Modified: 14 May 2025 08:55
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item