STRATEGI WALI KELAS DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN AKHLAK ERA DIGITAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

ZAINUBA, IMAWAHYU ZANZABILA INTAN (2024) STRATEGI WALI KELAS DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN AKHLAK ERA DIGITAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of ZANZABILA INTAN.pdf] Text
ZANZABILA INTAN.pdf

Download (785kB)

Abstract

Zainuba, Imawahyu Zanzabila Intan. Strategi Wali Kelas Dalam Mengatasi Penyimpangan
Akhlak Era Digital Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bojonegoro
Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah, Insitut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Walisongo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Irfan Jauhari, M. Pd
Abstrak
Pada era digital tetap ada permasalahan terkait pendidikan akhlak salah satunya adalah
penyimpangan sosial bagi generasi muda yang mana diantaranya adalah siswa-siswi di sekolah
menengah. Di era digital, strategi pendidikan akhlak harus beradaptasi dengan perkembangan
teknologi dan tantangan baru yang muncul bagi pihak tertentu dalam lingkungan sekolah
terutama bagi guru wali kelas. Pendidikan akhlak dengan metode yang tepat dapat menjadi
kunci utama agar siswa-siswi mampu mengendalikan diri dalam menggunakan media digital
dan bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dan komunikasi hal-hal yang berguna bagi
dirinya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penyimpangan
Akhlak Era Digital Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bojonegoro adalah :
Pertama adanya siswa yang kecanduan media sosial, Kedua adanya siswa yang melanggar
aturan yang mengakibatkan mempengaruhi konten di media digital, Ketiga penggunaan gadget
dan mengabaikan guru saat kegiatan belajar mengajar, Keempat menurunnya minat belajar
karena mudahnya mengakses informasi melalui internet, Kelima Cyberbullying. 2) Strategi
Wali Kelas dalam Mengatasi Penyimpangan Akhlak Era Digital Siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Bojonegoro adalah : Pertama melakukan identifikasi masalah untuk
menemukan inti permasalahan,kedua membangun kerja sama antara wali kelas dengan guru
bimbingan dan konseling, ketiga adalah dengan cara melakukan pendekatan kepada siswa,
keempat ialah dengan cara melakukan pelatihan kepada siswa, kelima memberikan petuah
positif serta motivasi bagi siswa, keenam yaitu wali kelas harus bertindak tegas terhadap pelaku
kejahatan. 3) Faktor Penghambat dan Pendukung Strategi Wali Kelas dalam Mengatasi
Penyimpangan Akhlak Era Digital Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Bojonegoro ialah yang pertama perbedaan karakter pada setiap siswa sehingga menyebabkan
guru harus melakukan pendekatan kepada siswa tersebut, kedua sikap acuh tak acuh orang tua
siswa terhadap anaknya, ketiga guru kurang mahir dalam memanfaatkan teknologi digital,
keempat Kurangnya waktu bagi wali kelas untuk melakukan bimbingan serta pembinaan
terhadap siswa karena terbatasnya waktu ketika mereka berada di madrasah Sedangkan Faktor
pendukungnya yaitu yang pertama wali kelas yang sudah cukup berpengalaman untuk
mengatasi permasalahan penyimpangan, kedua Manajemen memenerapkan program-program
pembiasaan baik untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, ketiga madrasah
mengadakan pelatihan untuk pemanfaatan teknologi digital bagi guru, keempat akses internet
madrasah dibatasi sesuai kebutuhan siswa, kelima banyaknya contoh yang dapat dijadikan
refleksi bagi siswa, keenam adalah kerjasama lembaga yang luar biasa dalam memberikan
solusi masalah siswa, ketujuh adalah mendudukkan siswa yang melakukan penyimpangan
Kata Kunci: Penyimpangan Akhlak, Era Digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 08:51
Last Modified: 14 May 2025 08:51
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item