EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBIASAAN PAGI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

NAZILY, AHMAD ZAIDAN (2024) EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBIASAAN PAGI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Zaidan.pdf] Text
Zaidan.pdf

Download (844kB)

Abstract

Nazily, Ahmad Zaidan. Efektivitas Kegiatan Pembiasaan Pagi dalam Meningkatkan
Spiritualitas Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2
Yanggong Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Progam Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul
Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing:
Drs. Alwi Mudhofar, M. Pd.I..
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan pembiasaan pagi
dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik kelas XI di di Madrasah Aliyah
Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo. Seperti kegiatan sholat dhuha, dzikir,
bimbingan membaca Al Quran dan Tahfid Al Quran. Dengan adanya kebijkan
madrasah seperti kegiatan pembiasaan pagi bertujuan agar membiasakan peserta didik
dan meningkatkan spiritulitas peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah: 1.) untuk mengetahui efektivitas kegiatan
pembiasaan pagi dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik kelas XI di Madrasah
Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. 2.) untuk
mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat ketika pelaksanaan
kegiatan pembiasaan pagi dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik kelas XI di
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus. Dalam
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan
menggunakan analisis data yaitu redukasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Penelitian melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan ketekunan pengamatan
dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan pagi sudah
cukup efektif dalam meningkatan spiritulitas peserta kelas XI dengan membiasakan
peserta didik kelas XI sholat dhuha, dzikir, bimbingan membaca Al Quran dan Tahfid
Al Quran, karena dengan ibadah dan selalu dekat dengan Allah SWT maka dapat
dipastikan spiritulitas peserta didik meningkat. Hasil dari peserta didik yang rutin
mengikuti kegiatan pembiasaan pagi yaitu peserta didik kelas XI mempunyai karakter,
akhlak yang baik, sopan dan displin. Adapun faktor mendukung yaitu motivasi
semangat peserta didik, banyak guru agama, kerja sama antara guru dengan orang tua,
fasilitas yang mendukung dan guru tahfidz. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu
kurangnya kedisiplinan peserta didik, jumlah guru pembimbing yang kurang, guru
belum semuanya terlibat dan minimnya pemahaman pendidikan dari orang tua.
Kata Kunci: efektivitas, kegiatan pembiasaan pagi, spiritualitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 08:48
Last Modified: 14 May 2025 08:48
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item
View Item