UPAYA PENDIDIK MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN IBADAH SEHARI-HARI MELALUI KAJIAN KITAB BIDAYATUL MUJTAHID PADA PESERTA DIDIK KELAS XI C MADRASAH ALIYAH WALI SONGO PUTRA TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Fahri, Tri Amal (2024) UPAYA PENDIDIK MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN IBADAH SEHARI-HARI MELALUI KAJIAN KITAB BIDAYATUL MUJTAHID PADA PESERTA DIDIK KELAS XI C MADRASAH ALIYAH WALI SONGO PUTRA TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of TRI AMAL.pdf] Text
TRI AMAL.pdf

Download (844kB)

Abstract

Fahri, Tri Amal. Upaya Pendidik Mata Pelajaran Fikih dalam Meningkatkan
Pemahaman Ibadah Sehari-hari melalui Kajian Kitab Bidayatul Mujtahid
pada Peserta Didik Kelas XI C Madrasah Aliyah Wali Songo Putra
Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin
Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Drs.
Moh. Ihsan, M. Ag.
Upaya Pendidik Mata Pelajaran Fikih dalam Meningkatkan Pemahaman
Ibadah Sehari-hari melalui Kajian Kitab Bidayatul Mujtahid pada Peserta Didik
Kelas XI C Madrasah Aliyah Wali Songo Putra Tahun Pelajaran 2023-2024
Merupakan suatu tindakan pendidik mata pelajaran fikih di dalam kelas supaya
ada peningkatan pengetahuan ibadah sehari-hari pada peserta didik. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Upaya, faktor penghambat dan
faktor pendukung pendidik mata pelajaran fikih serta implikasi dalam
meningkatkan pemahaman ibadah sehari-hari melalui kajian kitab bidayatul
mujtahid pada peserta didik kelas XI C Madrasah Aliyah Wali Songo Putra tahun
pelajaran 2023-2024.
Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Upaya pendidik mata
pelajaran fikih yaitu dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab
dan metode pembelajaran aktif untuk meningkatkan pemahaman ibadah sehari
hari melalui kajian kitab Bidayatul Mujtahid. 2) Faktor penghambat meliputi
kurangnya pelatihan intensif untuk pendidik. Dari sisi peserta didik, kurangnya
kemampuan berbahasa Arab, serta kebiasaan buruk seperti mengantuk selama
pelajaran. Dari sisi kitab, kompleksitas dan tingkat kesulitan yang tinggi. Faktor
pendukung meliputi antusiasme, motivasi intrinsik dan keaktifan peserta didik,
penggunaan perangkat pembelajaran dan kemampuan basaha Arab pendidik yang
mumpuni. 3) Implikasi pemahaman ibadah sehari-hari melalui kajian kitab
bidayatul mujtahid terdapat variasi dalam pemahaman dan ketertarikan terhadap
ibadah sehari-hari, variasi ini dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan
minat masing-masing peserta didik. Penggunaan kitab Bidayatul Mujtahid
terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik secara signifikan.
Kata Kunci: Upaya Pendidik, Ibadah sehari-hari, Kitab Bidayatul Mujtahid

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 08:45
Last Modified: 14 May 2025 08:45
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item