PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Winuryani, Suciana (2024) PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of SUCIANA.pdf] Text
SUCIANA.pdf

Download (935kB)

Abstract

Winuryani, Suciana Penguatan Moderasi Beragama Terhadap Peserta Didik
Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo Tahun
Pelajaran 2023-2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok
Pesantren “ Wali Songo “ Ngabar, Ponorogo. Pembimbing: Ratna Utami
Nur Ajizah, M.Pd.I
Kata Kunci: Moderasi beragama, peserta didik, proyek penguatan profil pelajar
Pancasila, profil pelajar rahmatan lil alamain.
Dalam kebijakan merdeka belajar, Kementerian Agama RI secara jelas
menginginkan upaya penguatan Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin. Berdasarkan KMA 347 Tahun 2022
penguatan profil pelajar Pancasila di lingkungan madrasah diproyeksikan pada
dua aspek yaitu Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin.
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo adalah salah satu madrasah yang
menggunakan kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaranya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana penguatan
moderasi beragama terhadap peserta didik melalui proyek penguatan profil pelajar
Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Ponorogo. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat penguatan moderasi beragama terhadap peserta didik melalui proyek
penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo.
Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa 1) penguatan moderasi
beragama terhadap peserta didik melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila
dan profil pelajar rahmatan lil alamin dilakukan dengan berbagai kegiatan di
dalam madrasah maupun di luar madrasah sesuai dengan tema dari proyek
tersebut. 2) faktor pendukung dari penguatan moderasi beragama terhadap peserta
didik melalui proyek penguatan profil Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil
alamin yaitu stakeholder terdiri dari kepala sekolah, guru, peserta didik,
masyarakat madrasah dan juga orang tua wali. Sedangkan untuk faktor
penghambatnya adalah sarana prasarana yang kurang memadai, juga lingkungan
masyarakat dari peserta didik.
vi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 08:40
Last Modified: 14 May 2025 08:40
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item
View Item