ADIANTO, MUHAMMAD RIZKY (2024) IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![Rizky Adianto.pdf [thumbnail of Rizky Adianto.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizky Adianto.pdf
Download (593kB)
Abstract
Rizky Adianto, Muhammad. 2024. Implementasi Metode Student Teams Achievement
Divission dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IX pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Ngrayun. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ponorogo. Pembimbing: Ririn
Nuraini M.Pd.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh alasan bahwa proses pembelajaran hingga saat
ini masih mengalami banyak permasalahan. Salah satu diantaranya adalah permasalahan
tentang rendahnya prestasi belajar peserta didik. Dimana salah satu penyebabnya adalah
penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Hal ini bisa berdampak pada
menurunnya prestasi belajar peserta didik. Baik itu dari aspek kognitif, afektif maupun
psikomotorik. Maka dari itu tugas seorang pendidik harus berusaha menciptakan iklim
yang nyaman dalam proses pembelajaran. Baik berkaitan dengan perencanaan,
pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Metode Student Teams Achievement
Divission bisa menjadi salah satu cara untuk membuat suasana pembelajaran lebih
menyenangkan. Pemilihan metode dan strategi yang tepat diharapkan bisa meningkatkan
prestasi belajar peserta didik.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar
peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Ngrayun, 2) Untuk mengetahui implementasi metode
Student Teams Achievement Divission kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ngrayun., 3) Untuk mengetahui dampak
implementasi metode Student Teams Achievement Divission dalam meningkatkan prestasi
belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Ngrayun.
Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data model
interaktif dari Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, display data atau penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan temuan yang dipakai adalah
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Prestasi belajar peserta didik kelas IX
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sana sudah baik, namun masih perlu
ditingkatkan lagi dalam hal pemahaman materi dan kemampuan dalam menerapkannya
pada kehidupan sehari-hari. 2) Implementasi Metode Student Teams Achievement
Divission Kelas IX Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sana memiliki
langkah-langkah sebagai berikut: mempersiapkan materi yang sesuai dengan kurikulum
yang sedang dijalankan; Membentuk peserta didik menjadi beberapa tim; Mengajar dan
menyampaikan pelajaran dimulai dengan presentasi pelajaran tersebut di dalam kelas;
Membuat rangkuman tentang materi yang telah disampaikan guru terhadap peserta
didiknya; Guru mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik. 3) Metode Student Teams
Achievement Divission Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di sana
sangat berdampak positif. Dibuktikan dari aspek kognitifnya yaitu peserta didik lebih
mudah memahami materi setelah menggunakan metode ini. Untuk aspek afektifnya juga
peserta didik lebih menghargai terhadap temannya serta lebih menghormati kepada orang
yang lebih tua dan guru. Dari aspek psikomotoriknya peserta didik bisa lebih rajin dalam
beribadah dan mengerti tata cara ibadah dengan baik.
Kata Kunci: Metode Student Teams Achievement Divission, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:28 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:28 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/115 |