Umayah, Risa Nina (2024) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XII IPA MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL MUKARROM KAUMAN SOMOROTO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![RISA NINA UMAYAH.pdf [thumbnail of RISA NINA UMAYAH.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RISA NINA UMAYAH.pdf
Download (720kB)
Abstract
Umayah, Risa Nina. Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Prestasi
Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas
XII IPA Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto
Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi, 2024. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Falkultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riydlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing: Dr. Imam Rohani, M.Pd.I
Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam proses pembelajaran masih
banyak ditemukan permasalahan yang muncul. Diantaranya berkaitan dengan
prestasi belajar peserta didik. Hal ini salah satunya disebabkan oleh penggunaan
metode pembelajaran yang monoton. Metode problem based learning diharapkan
bisa menjadi salah satu solusi dari masalah ini. Dalam penelitian ini membahas
tentang prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui prestasi peserta didik pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII IPA Madrasah Aliyah
Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024.
2) Untuk mengetahui implementasi metode Problem Based Learning pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII IPA Madrasah Aliyah Ma’arif Al
Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. 3) Untuk
mengetahui Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XII IPA
Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun
Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kuantitatif asosiatif. Dengan jumlah populasi 31 peserta didik, peneliti
menggunakan uji validitas, uji reliabelitas,uji regresi dan untuk memperkuat data
peneliti menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII IPA Madrasah Aliyah
Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024
disana cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi; 2) Implementasi metode
Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas
XII IPA pada tahun pelajaran 2023-2024 yaitu: peserta didik diminta merumuskan
permasalahan tentang materi Sejarah Kebudayaan Islam, mengumpulkan fakta di
lapangan sesuai materi tersebut, menyusun hipotesis, melakukan penyelidikan di
lapangan, menyempurnakan permasalahan yang telah didefinisikan, membuat
kesimpulan sebagai alternatif solusi, follow up terhadap alternatif solusi tersebut;
3) Pengaruh metode Problem Based Learning terhadap Prestasi Belajar Peserta
Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XII IPA Madrasah
Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran
2023-2024 adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan.
Kata Kunci : Metode Problem Based Learning, Prestasi Belajar, mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:23 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:23 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/114 |