YUFIROH, RAHMA FERDIANA UMARUL (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![rahma ferdiana.pdf [thumbnail of rahma ferdiana.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
rahma ferdiana.pdf
Download (873kB)
Abstract
Ferdiana Umarul Yufiroh, Rahma. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menghadapi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1
Slahung Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul
Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing:
Irfan Jauhari, M. Pd.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan belajar peserta didik kelas VII
di SMP Negeri 1 Slahung khususnya di pelajaran Pendidikan Agama Islam
kesulitan belajar tersebut salah satunya disebabkan oleh metode yang monoton.
Maka guru harus berupaya sebaik mungkin untuk menghadapi permasalahan
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk Mengetahui Kesulitan Belajar
Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023-2024 (2)
Untuk Mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi
Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Slahung Tahun
Pelajaran 20232024 (3) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Kesulitan Belajar
Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi
sumber, dan teknik analisis data model interaktif oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan Belajar Peserta Didik
Kelas VII Di SMP Negeri 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah Pengunaan
metode pembelajaran yang monoton, peserta didik kesulitan dalam mengafal ayat
Al-Quran dan Al-Hadits dan kurangnya konsentrasi dalam pembelajaran (2) Upaya
Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Kesulitan Belajar Peserta Didik
Kelas VII Di SMP Negeri 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah mereview
ulang materi sebelumnya, dan menemukan solusi di komunitas belajar. (3) Faktor
Penghambat dan Pendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Menghadapi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 1 Slahung
Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah dari lingkungan keluarga, sekolah, dan
lingkungan sekitar. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana
yang memadai, dan motivasi dari kepala sekolah.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:58 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:58 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/111 |