PENGARUH STRATEGI INTERACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 6 BETON TAHUN PELAJARAN 2023-2024

HAMZAH, PRIMA FAJAR RAINA (2024) PENGARUH STRATEGI INTERACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 6 BETON TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Prima Fajar Raina H.pdf] Text
Prima Fajar Raina H.pdf

Download (888kB)

Abstract

Fajar Raina Hamzah, Prima. (2020620101017), Pengaruh Strategi Interactive
Learning Terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik di Madrasah
Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton Tahun Pelajaran 2023/2024.
Skripsi. 2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren
Wali Songo Ngabar Ponorogo, Pembimbing: Yuli Umro’atin, M.Pd
Pendidikan penting bagi keberadaan manusia karena memperluas
perspektif intelektual dan spiritual. Guru sangat berperan agar terlaksana kegiatan
belajar mengajar di sekolah. Agar pembelajaran menjadi menarik dan tidak
monoton perlu adanya strategi pembelajaran saat guru mengajar. Berbagai
masalah muncul ketika siswa belajar di dalam kelas, mulai dari sulit memahami
materi, materi yang dijelaskan oleh guru sulit diterima oleh siswa dan lain lain. Di
Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton guru Fikih menerapkan strategi
Interactive Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik
dikelas. Strategi yang digunakan oleh guru ini menerapkan 7 tahapan dan
pengaruhnya cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah 6 Beton.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi
Interactive Learning dan untuk mengetahui pengaruh strategi Interactive Learning
terhadap hasil belajar Fikih pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah 6 Beton.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu
Kuantitatif, dengan jumlah populasi 49 Peserta didik dan sampel 49 peserta didik
yang menerapkan strategi pembelajaran interaktif. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Data kemudian
dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Analisis Prasyarat.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Strategi Interactive Learning
yang diterapkan oleh pengajar Fikih di Mts Muhammadiyah 6 Beton yaitu terdiri
dari 7 tahapan, diantaranya: tahap persiapan, tahap pengetahuan awal, tahap
kegiatan, tahap pertanyaan siswa, tahap penyelidikan, tahap pengetahuan akhir,
dan tahap refleksi. Dan adanya pengaruh yang signifikan antara Strategi
Interactive Learning dengan Hasil belajar Fikih di Madrasah Muhammadiyah 6
Beton.
Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Interactive Learning, Hasil belajar Fikih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 07:55
Last Modified: 14 May 2025 07:55
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item
View Item