EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Arum, Nimas Wahyuarggatia Sekar (2024) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of NIMAS WAHYUARGGATIA S.A.pdf] Text
NIMAS WAHYUARGGATIA S.A.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of NIMAS WAHYUARGGATIA S.A.pdf] Text
NIMAS WAHYUARGGATIA S.A.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arum, Nimas Wahyuarggatia Sekar. Efektivitas Metode Pembelajaran Small Group
Discussion Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas
VIII Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar
Ponorogo, Pembimbing: Ratna Utami Nur Ajizah, M.Pd.
Pendidikan merupakan upaya untuk membantu manusia memperoleh
kehidupan yang bermakna, sehingga diperoleh suatu kebahagiaan hidup baik secara
individu maupun kelompok. Dalam dunia pendidikan masalah yang sering dihadapi
Guru selama proses pembelajaran adalah bagaimana cara Guru membuat,
merancang dan menciptakan lingkungan belajar yang baik. Rendahnya hasil belajar
peserta didik merupakan masalah serius ketika penggunaan Metode Pembelajaran
yang tidak sesuai. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode belajar yang tepat dan
dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti melaksanakan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana efektivitas Metode Pembelajaran Small Group
Discussion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata
pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo. Hasil dari penelitian
ini diharapkan mendapatkan hasil belajar yang meningkat dan menambah
pengetahuan tentang pembelajaran Fikih.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar
belakang sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo. Pengumpulan data
yang dilakukan oleh peneliti dengan cara melakukan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuktikan data yang telah
diperoleh dan menarik kesimpulan, memeriksa uji keabsahan data dengan
melakukan triangulasi data yaitu membandingkan data dari hasil pengamatan
dengan data hasil wawancara dan dari dokumen yang berkaitan.
Hasil analisis deskriptif kualitatif dapat disampaikan bahwa guru telah
melaksanakan proses pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Small Group
Discussion dengan baik dan maksimal. Dengan demikian penggunaan Metode
Pembelajaran Small Group Discussion sudah efektif dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 1 Ponorogo.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Small Group Discussion, Hasil Belajar Peserta
Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 08 May 2025 09:05
Last Modified: 14 May 2025 09:12
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item
View Item