FADLILLAH, MUHAMMAD RIZQY (2024) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF AL MUKARROM PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.
![Muhammad Rizqy Fadlillah.pdf [thumbnail of Muhammad Rizqy Fadlillah.pdf]](https://repo.iairm-ngabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Rizqy Fadlillah.pdf
Download (777kB)
Abstract
Fadlillah, Rizqy Muhammad, 2024. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan
Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Media Interaktif Pada
Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom
Ponorogo Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. 2024. Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Riyadhlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo,
Pembimbing: Siti Musarofah, M.Fil.I
Peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Al-Mukarrom Sumoroto Ponorogo
masih mengalami kesulitan dalam belajar fiqih. Sebagian mereka merasa jenuh
ketika diajarkan fiqih terutama tentang hukum-hukum dan teori. Diperlukan upaya
guru fiqih mengatasi kejenuhan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui tingkat kejenuhan belajar
peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas X MA Ma'arif Al-Mukarrom
Ponorogo, mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kejenuhan
belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas X MA Ma'arif Al Mukarrom
Ponorogo, mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam
mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas X MA
Ma'arif Al-Mukarrom Ponorogo.
Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan
deskriptif analitik. Subjek penelitian 3 orang informan. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi
pengumpulan data (data collecting), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan Perpanjangan
pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi
Penelitian ini menghasilkan temuan: (1) Tingkat kejenuhan belajar peserta
didik pada mata pelajaran fiqih di kelas X MA Ma'arif Al-Mukarrom Ponorogo
tahun pelajaran 2023- 2024, semakin tinggi ketika membahas hukum hukum fiqih
yang sifatnya teoritis, detail dan kaku. Peserta didik juga mengalami kejenuhan
ketika guru menyampaikan materi pelajaran dengan metode ceramah yang hanya
berbicara terus menerus. (2) Guru fiqih MA Ma'arif Al Mukarrom Sumoroto dari
kelas X berusaha mengatasi kejenuhan belajar peserta didiknya dengan
menggunakan strategi pembelajaran media interaktif. Strategi ini mencakup
penggunaan berbagai alat dan platform digital seperti proyektor, video
pembelajaran, dan slide presentasi. (3) Efektivitas strategi pembelajaran media
interaktif dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran
fiqih di Kelas X MA Ma'arif Al Mukarrom Ponorogo, peserta didik dapat mereview
apa yang guru jelaskan melalui slide presentasi dan video pembelajaran, peserta
didik mudah memahami materi pembelajaran, dan peserta didik tidak jenuh dalam
mengikuti pelajaran fiqih.
Kata kunci: Kejenuhan belajar, Fiqih, Media Interaktif, Strategi Pembelajaran,
Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id |
Date Deposited: | 08 May 2025 08:42 |
Last Modified: | 09 May 2025 07:51 |
URI: | https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/102 |