INTERNALISASI KARAKTER PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 3 JETIS TAHUN PELAJARAN 2023-2024

RIFA’I, MUHAMMAD (2024) INTERNALISASI KARAKTER PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 3 JETIS TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN.

[thumbnail of Muhammad Rifa'i.pdf] Text
Muhammad Rifa'i.pdf

Download (785kB)

Abstract

Rifa‟i Muhammad, Dampak Internalisasi Karakter Peduli Sosial Kelas XI Melalui
Aktualisasi
Nilai-nilai
Pancasila
Di Sekolah Menengah Atas
Muhammadiyah 3 Jetis Tahun Pelajaran 2023-2024, Skripsi, 2023,
Program Study Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo, Pembimbing Drs.
Alwi Mudhofar S.Pd.I.
Kata Kunci: Internalisasi, Karakter Peduli Sosial, Aktualisasi, Nilai
Pancasila.
Internalisasi karakter peduli sosial peserta didik melalui aktualisasi nilai
nilai Pancasila adalah proses pembentukan dan penguatan sikap serta perilaku
peduli sosial pada peserta didik dengan mengimplementasikan dan menghidupkan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekolah. Proses ini melibatkan pembelajaran, kegiatan sosial, dan
berbagai aktivitas yang mengarahkan peserta didik untuk memahami, menghayati,
dan menerapkan nilai-nilai seperti kemanusiaan, keadilan, gotong royong, dan
kebersamaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakter peduli
sosial peserta didik kelas XI di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Jetis
Tahun Pelajaran 2023-2024, (2) Untuk mengetahui aktualisasi nilai-nilai pancasila
pada peserta didik kelas XI di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Jetis
Tahun Pelajaran 2023-2024, (3) Untuk mengetahui internalisasi karakter peduli
sosial melalui aktualisasi nilai-nilai pancasila di kelas XI Sekolah Menengah Atas
Muhammadiyah 3 Jetis Tahun Pelajaran 2023-2024.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Karena fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui
Bagaimana internalisasi karakter peduli sosial kelas XI melalui aktualisasi nilai
nilai pancasila di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Jetis Tahun
Pelajaran 2023-2024.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bahwasannya sebagian peserta didik
yang memiliki karakter peduli sosial yang tinggi sering terlibat dalam berbagai
aktivitas seperti mengorganisir dan berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan
dana, dan kunjungan ke panti asuhan, (2) Peserta didik terlibat dalam berbagai
kegiatan yang mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, seperti kegiatan gotong
royong, upacara bendera, (3) Internalisasi yang diperlihatkan sangat signifikan
dan positif pada peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jetis. Dengan
dukungan yang berkelanjutan dan pendekatan yang komprehensif, nilai-nilai ini
dapat terus diperkuat dan menjadi bagian integral dari kehidupan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@repo.iairm-ngabar.ac.id
Date Deposited: 08 May 2025 08:39
Last Modified: 14 May 2025 09:38
URI: https://repo.iairm-ngabar.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item
View Item